Selasa, 02 Oktober 2012

Gerak Jemari Bisa Jadi Password di Layar Sentuh

Brooklyn, New York - Tak perlu mengingat sederet huruf maupun angka. Kini, untuk melakukan login ke aplikasi iPad bisa menggunakan gesekan jemari.

Mahasiswa Ilmu Komputer, Napa Sae Bae, sedang melakukan dua penelitian terbaru untuk mendapatkan gelar doktornya di Institut Politeknik Universitas New York. Salah satunya adalah menemukan cara login dengan hanya menggeret jemari itu di layar sentuh.

Caranya begini, ujung-ujung jari didekatkan ke permukaan tablet. Kemudian, ditarik bersama-sama sehingga mengerucut dan bertemu di tengah. Sesaat kemudian ikon wajah kuning tersenyum. Ini menandakan pemindaian itu berhasil membuka aplikasi.

Tetapi kemudian trek jemari tersebut diujicobakan ke lain jari. Trek hijau yang masih muncul di layar sentuh segera diikuti oleh jari lain itu. Jemari bergerak mengikuti trek. Namun, aplikasi ini segera tak berhasil mengenalinya.

Bahkan ketika seseorang mencoba menyalin gerakan orang lain, ada perbedaan bagaimana tiap individu mencubit, menggeser, dan menarik jemarinya. Sae Bae menjelaskan, tiap orang memiliki jarak jari yang berbeda, trek, dan kecepatan menggesek yang berbeda pula.

Sae Bae telah menemukan bahwa aplikasi seperti ini bisa aman, lebih mudah diingat, dan alternatif yang menyenangkan untuk sebuah password. Kerja Sae Bae adalah tahap awal.

Nasir Memon, penasehat penelitian Sae Bae, berharap bahwa nantinya gerakan dan gesekan akan terbukti menjadi alternatif yang lebih baik untuk password, terutama untuk layar sentuh. "Mengetik password sangat sulit untuk perangkat layar sentuh," kata Memon.

"Mereka memiliki hasil yang menggembirakan," ujar Kevin Bowyer, ilmuwan komputer di Universitas Notre Dame, seperti dikutip pada laman TechNewsDaily. Namun, penelitian ini belum teruji untuk merekam banyak gesekan dan membedakan tiap individu dalam populasi besar.

Sae Bae juga akan memeriksa apakah orang mudah mengingat gerakan mereka untuk mengganti kode akses. Para peneliti juga masih harus menganalisa data untuk melihat apakah aplikasi mereka akan mengenali gerakan jemari si pemilik setelah sepekan mereka mengaturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar