Sabtu, 29 September 2012

Pesan Berantai BBM Hantui SPG IIMS 2012

Ada dua versi cerita seputar isu SPG dinodai yang berkembang di IIMS 2012. Cerita pertama, SPG diperkosa di toilet IIMS, sedang versi kedua kejadian berlangsung di luar area IIMS yang sepi. Isu tersebut sempat ramai di pesan berantai (broadcast) Blackberry yang diterima para SPG. Bahkan hingga sabtu dini hari pesan tersebut terus berlanjut.

"Teman2 SPG & usher, dimohon untuk lebih berhati2 ketika malam hari ke wc @iims, kalo bisa cari wc yg ramai or jg yg terlalu dipojok2. Jgn sampe kejadian kmrn terjadi lagi. Kalo sudah malam lebih baik ke wc ramean jgn ndirian...Lebih berhati2 yah friends...Take care yah"

Lalu pesan berantai berlanjut, sebagai jawaban dari broadcast BB sebelumnya. Berikut petikannya:

"...bukan kemarin banget sih, uda sekitar 2-3 hari kmrn, tp baru sempat nanya2in kebenaran today, ada spg yg diperkosa & dibunuh pas di wc malem2, uda reka ulang juga ama polisi, tp spg mana & siapa, ga tau krn masi ditutupin rapat semua. gw juga di BBMinya sama teman agency yang tau beritanya. Ckck..nakutin, tragis beib. Hrus waspada qta jaga diri".

"Semua teman-teman (SPG) jadi pada ngeri. Paling kalau kita ke toilet jangan sendirian, terus kalau pulang, langsung balik," ujar Selvy SPG booth VW.

Sejak beredarnya rumor SPG dinodai, Selvy dan teman-teman mengaku lebih mawas diri, terutama terhadap pengunjung yang isenk dan fotografer-fotografer "dadakan" yang memburu para SPG untuk dibidik kamera, yang berlanjut mengajak kenalan.

"Aku harus lebih hati-hati kalau sama orang-orang yang nggak jelas, kalau ada yang minta nomor telepon atau pin BB aku tidak kasih. Palingan cuma email aja, lebih aman," tambah Selvy.

Sementara pramuniaga yang bertugas booth outdoor IIMS jadi takut pulang sendirian. Sampai-sampai ia harus minta diantar teman prianya keluar area pameran sebelum akhirnya dijemput kerabatnya.

"Berita adanya perkosaan SPG IIMS santer terdengar mas di kalangan teman-teman SPG, terutama yang jaga di outdoor," cetus dara cantik yang berjaga di salah satu produk untuk pria, sebut saja Yana (bukan nama asli).

Setelah dikonfirmasi ke pihak Dyandra Promosindo selaku organizer IIMS 2012, kejadian tersebut ternyata tidak terbukti. Usai berita heboh pemerkosaan merebak, Dyandra langsung melakukan penelusuran untuk mencari tahu kebenaran berita tersebut.

Hasilnya, rumor SPG dibunuh hanya hoax yang bersumber dari twitter.

"Kita sudah kroscek ke semua peserta, ternyata tidak ada. Itu hanya hoax yang asalnya dari twitter. Setelah kita telusuri kejadian itu tidak ada sama sekali. Jadi berita itu tidak benar," tegas Diah Putri Asst. Public Relation Manager Dyandra Promosindo kepada Otosia.com, Jumat (28/9).

Demi kelancaran IIMS, panitia penyelenggara menyatakan sudah melakukan antisipasi sejak awal dengan mempersiapkan keamanan yang ketat, baik di area pameran maupun diluar arena IIMS. "Semua area sudah kita cover, baik di dalam dan diluar. Security kita ada dua lapis, dari pihak kita sendiri dan dari Kepolisian," ungkap Diah.

Berdasarkan pantauan Otosia, lokasi di luar area IIMS memang cukup luas. Parkir kendaraan meliputi pintu Timur dan Barat. Jika malam hari saat pameran masih berlangsung, beberapa lokasi di sekitar JIExpo cukup sepi. Hanya beberapa kendaraan hilir mudik keluar masuk kompleks JIExpo Kemayoran. Sementara beberapa toilet di lokasi pameran terbilang ramai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar